بسم الله الرحمن الرحيم
Fiqh Mengusap 2 Khuffain
Segala
puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah,
keluarganya, dan para sahabatnya semua. Amma ba’du:
Sesungguhnya
agama kita “Islam” adalah agama yang mudah, bukan agama yang sulit lagi
menyulitkan, di antara buktinya adalah ketika berwudhu’ apabila pada anggota
wudhu’ ada penghalang yang terasa berat dilepaskan seperti sepatu, sorban,
balutan (pembalut bagian yang sakit) dan jabiirah (bebatan)[1], maka Islam hanya menyuruh mengusapnya saja tanpa
perlu melepaskan. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya, semoga Allah Subhaanahu
wa Ta'aala menjadikannya bermanfaat, Allahumma aamiin.
I.
Pengertian Khuff dan disyari’atkannya mengusap khuf.
Khuff artinya
sesuatu yang dipakai di kaki yang terbuat dari kulit atau lainnya. Bentuk
jama’nya adalah khifaf. Termasuk ke dalam khuf juga semua yang dipakaikan di
kaki yang terbuat dari wool atau lainnya (Al Fiqhul Muyassar hal. 24).
Imam
Nawawi rahimahullah dalam Syarh Muslim (3/164) berkata, “Telah sepakat para
ulama yang dipandang ijma’nya tentang bolehnya mengusap khuffain (2 sepatu)
baik ketika safar maupun tidak, baik karena keperluan maupun selainnya, bahkan
boleh bagi wanita yang senantiasa di rumah dan orang yang sakit menahun yang
tidak bisa berjalan. Yang mengingkarinya hanyalah orang-orang Syi’ah dan
Khawarij, dan penyelisihan mreka tidaklah dipandang. Al Hasan Al Basri rahimahullah
berkata, “Telah menceritakan kepadaku tujuh puluh orang sahabat Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengusap dua
khuf.”
Di
antara dalil bolehnya mengusap khuf adalah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim
dari Al A’masy dari Ibrahim dari Hammam ia berkata:
بَالَ جَرِيرٌ ثُمَّ تَوَضَّأَ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ
فَقِيلَ تَفْعَلُ هَذَا فَقَالَ نَعَمْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بَالَ ثُمَّ تَوَضَّأَ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْه
Jarir
pernah buang air kecil, lalu berwudhu’ dan mengusap kedua khufnya, lalu ada
yang berkata, “(Apakah) engkau melakukan hal ini?” Ia menjawab, “Ya, aku
melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam buang air kecil, kemudian
berwudhu dan mengusap dua khufnya.”
Al
A’masy berkata: Ibrahim berkata, “Hadits ini membuat mereka aneh karena masuk
Islamnya Jarir setelah turun surah Al Maa’idah.”
Imam
Nawawi berkata, “Maksudnya, Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman di surah Al
Maa’idah, “Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan usaplah
kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (Terj. Al
Ma’idah: 6) Kalau sekiranya masuk Islamnya Jarir lebih dulu daripada turunnya
surah Al Ma’idah, tentu mengandung kemungkinan bahwa haditsnya tentang mengusap
mengusap khuf adalah mansukh dengan ayat di surah Al Ma’idah. Oleh karena masuk
Islamnya terakhir, maka dapat kita ketahui bahwa haditsnya ini diamalkan, di
sana diterangkan bahwa maksud ayat tersebut tidaklah tertuju kepada pemakai
khuf, sehingga As Sunnah menjadi pentakhshis ayat, wallahu a’lam.”
Imam
Ahmad berkata, “Tidak ada (keraguan) dalam hatiku terhadap (kebolehan) mengusap
(dua khuf), di sana terdapat empat puluh hadits dari Nabi shallallahu 'alaihi
wa sallam.”
Demikian
pula diperbolehkan mengusap jaurab (kaus kaki) karena ia seperti khuf dalam hal
butuhnya seseorang kepadanya, ‘illatnya sama, bahkan memakai kaus kaki lebih
sering dilakukan daripada khuf, sehingga boleh mengusapnya jika memang menutupi
(Al Fiqhul Muyassar hal. 24).
II.
Syarat mengusap dua khuf dan semisalnya
Syarat-syaratnya
adalah:
1.
Memakai khuf dalam keadaan suci dari hadats kecil dan
hadats besar. Hal ini berdasarkan hadits Mughirah ia berkata: Aku pernah
bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam suatu safar, lalu aku menunduk
untuk melepas kedua khufnya, maka Beliau bersabda:
دَعْهُمَا فَإِنِّي أَدْخَلْتُهُمَا طَاهِرَتَيْنِ
فَمَسَحَ عَلَيْهِمَا
“Biarkanlah keduanya, karena
aku memakainya dalam keadaan suci.” Maka Beliau mengusap ke atasnya. (HR.
Bukhari dan Muslim)
2.
Menutupi bagian yang
wajib, yakni bagian kaki yang wajib dibasuh (dalam wudhu’). Oleh karena itu,
jika ada bagian kaki yang tidak tertutup, maka tidak sah mengusapnya. Seperti
sepatunya tidak menutupi kedua tumit, atau bolong yang lebar yang membuat
kelihatan bagian kaki yang wajib dibasuh.
3.
Boleh dipakainya khuf
tersebut. Oleh karena itu, tidak boleh mengusap khuf hasil dari merampas atau
mencuri serta yang terbuat dari sutera, karena memakainya merupakan kemaksiatan
dan harus dilepas.
4.
Sucinya kedua khuf itu.
5.
Mengusap dilakukan pada
waktu yang ditetapkan, yaitu bagi yang mukim sehari-semalam (24 jam), sedangkan
bagi musafir tiga hari tiga malam. Dimulainya dari sejak ia mengusap khuffnya
(berdasarkan zhahirnya hadits dan riwayat dari Umar bin Khaththab radhiyallahu
'anhu).
Hal ini berdasarkan hadits Ali radhiyallahu
'anhu:
جَعَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيَهُنَّ لِلْمُسَافِرِ وَيَوْمًا وَلَيْلَةً
لِلْمُقِيمِ
“Rasulullah shallallahu 'alaihi
wa sallam menetapkan tiga hari tiga malam untuk musafir, dan sehari-semalam
untuk yang mukim.” (HR. Muslim)
III.
Cara Mengusap kedua khuf
Mengusap kedua khuff dilakukan setelah kita membasuh
anggota wudlu secara tertib, setelah semuanya dibasuh selain bagian kaki,
kemudian kita mengusap kedua khuff, caranya adalah dengan mengusap bagian atas
khuf (cukup sekali mengusapnya), dimulai dari ujung kaki sampai bagian depan
betisnya. Dan dalam mengusapnya bisa secara serentak, tanpa mendahulukan
kaki kanan.
Dalil
caranya adalah hadits Mughirah bin Syu’bah radhiyallahu 'anhu ia berkata:
رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ عَلَى الْخُفَّيْنِ عَلَى ظَاهِرِهِمَا
“Aku melihat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
mengusap dua khuf, yaitu bagian atas keduanya.” (HR. Tirmidzi, ia berkata,
“Hadits hasan.” Syaikh Al Albani juga mengatakan demikian dalam Shahih At
Tirmidzi no. 85).
Juga berdasarkan kata-kata ‘Ali radhiyallahu 'anhu:
لَوْ كَانَ اَلدِّينُ بِالرَّأْيِ
لَكَانَ أَسْفَلُ اَلْخُفِّ أَوْلَى بِالْمَسْحِ مِنْ أَعْلَاهُ, وَقَدْ رَأَيْتُ
رَسُولَ اَللَّهِ r يَمْسَحُ عَلَى
ظَاهِرِ خُفَّيْهِ
“Kalau seandainya
agama itu berdasarkan pendapat, tentu bagian bawah sepatu lebih berhak diusap
daripada atasnya. Sungguh, aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
mengusap bagian atas khufnya.” (HR. Abu Dawud dan Baihaqi, dishahihkan oleh Al
Haafizh Ibnu Hajar dalam At Talkhish 1/160).
IV.
Yang membatalkan Mengusap khuf
Yang membatalkan mengusap dua khuff adalah:
1.
Habisnya batas waktu
yang telah ditetapkan.
2.
Ada sesuatu yang mengharuskan mandi, seperti janabat
(baik karena mimpi ataupun hubungan suami-isteri). Hal ini berdasarkan hadits
Shafwan bin ’Assal:
كَانَ يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَوْ مُسَافِرِينَ
أَنْ لَا نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيهِنَّ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ
”Beliau
memerintahkan kami ketika safar atau sebagai musafir agar tidak melepas khuf
kami selama tiga hari-tiga malam kecuali karena janabat.” (HR. Ahmad, Nasa’i,
Tirmidzi dan ia menshahihkannya, dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Al
Irwaa’ (104)).
3. Dilepasnya kedua khuff atau salah satunya
dari kaki, karena dengan dia melepasnya lalu memakainya lagi maka sama saja ia
pakaikan khuf ke kedua kakinya tidak dalam keadaan suci (berwudhu’).
V.
Beberapa masalah seputar mengusap khuf
1.
Habisnya batas waktu mengusap dan dilepasnya khuff
hanyalah membatalkan mengusap saja, oleh karenanya tidak boleh mengusap lagi
sampai ia berwudhu’ dan mencuci kedua kakinya lalu ia pakai khuffainnya. Tetapi,
apabila ia dalam keadaan masih ada wudhu’ ketika melepas khuff atau habisnya
waktu, maka ia tetap dalam keadaan wudhunya, dimana ia boleh shalat semaunya
dengan wudhu’ itu sampai ia berhadats (lihat Al Wajiiz hal. 43). Ini merupakan
pendapat Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu dan tidak diketahui ada sahabat
yang menyelisihinya. Imam Baihaqi dan Ath Thahawiy dalam Syarh Ma’anil Aatsar meriwayatkan
dari Abu Zhabyan, bahwa ia melihat Ali radhiyallahu 'anhu buang air kecil dalam
keadaan berdiri, lalu meminta dibawakan air wudhu’, maka ia berwudhu’ dan
mengusap kedua sandalnya, kemudian masuk masjid, lalu melepas kedua sandalnya
dan shalat.”
2.
Diperbolehkan mengusap khuff yang yang robek ringan atau
yang ada tambalan. Hal ini berdasarkan perkataan Sufyan Ats Tsauriy
rahimahullah:
اِمْسَحْ عَلَى مَا تَعَلَّقَتْ بِهِ رِجْلُكَ ، وَهَلْ كَانَتْ خِفَافُ
الْمُهَاجِرِيْنَ وَاْلأَنْصَارِ إِلاَّ مخَُرََّقَةٌ مُشَقَّقَةٌ مُرَقَّعَةٌُ
“Usaplah yang menempel pada kakimu.
Bukankah khuf kaum muhajirin dan Anshar itu robek, terbelah dan ada tambalan.”
(Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam Mushannafnya).
VI.
Mengusap Jabiirah (kayu/bambu
untuk meluruskan tulang yang patah), gip, lashuq (plester) dan balutan yang
ditaruh di atas luka.
Boleh mengusap jabirah dengan syarat jabirah itu
tidak melebihi bagian yang diperlukan. Jika menutupi bagian yang tidak
diperlukan, maka harus dibuka. kecuali jika membukanya dikhawatirkan berbahaya
atau membuat lepas, maka cukup mengusap di atasnya, yaitu dengan membasahi
tangannya kemudian mengusapnya sekali saja. Hal ini berlaku bagi yang bersuci
dari hadats kecil maupun hadats besar.
Dalil terhadap masalah ini adalah karena
mengusap jabirah adalah darurat (terpaksa), sedangkan darurat disesuaikan
dengan ukurannya.
VII.
Mengusap khimar (kerudung wanita)
Penyusun Al Fiqhul Muyassar
(hal. 27) berpendapat, ”Sebaiknya ia (wanita) tidak mengusapkan air ke atas(kerudung)nya,
kecuali jika ada kesulitan melepasnya atau ada sakit di kepalanya dan
sebagainya. ”
Kesimpulannya, dalam
menyucikan kepala terdapat kemudahan bagi umat.
VIII.
Jika ada luka pada anggota badan
Jika ada luka pada anggota badan, maka diperhatikan
luka itu, selanjutnya ia melakukan seperti ini:
Pertama,
jika luka itu tidak ditutup dan tidak berbahaya terkena basuhan air, maka wajib
dibasuh.
Kedua,
jika luka itu tidak ditutup dan berbahaya jika terkena basuhan air, namun jika
mengusapnya tidak berbahaya, maka wajib diusap.
Ketiga,
jika luka itu terbuka dan berbahaya ika dibasuh dan diusap dengan air, maka
hendaknya ia tutup balutan dan mengusap bagian atas balutan itu.
Keempat,
jika luka itu ditutup dengan gip, plester, bebatan dan semisalnya, maka ia usap
penutup tesebut dan tidak perlu ia basuh. (lihat pula Thahurul Muslim
karya Dr. Sa’id Al Qahthaniy).
Wallahu a’lam, wa shallallahu
‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.
Marwan bin
Musa
Maraaji’: Al Fiqhul Muyassar, Fiqhus Sunnah, Al
Wajiiz, Minhajul Muslim, Subulus Salam, Al Malkhash Al Fiqhiy, Thahuurul Muslim
(Dr. Sa’id Al Qahthani), salah satu artikel dari internet dengan judul Ahkaamul
Mas-hi ‘alal khuffain wan na’lain wal jaurabain dll.
[1] Sepatu dan sorban boleh diusap
ketika bersuci dari hadats kecil saja (yaitu dalam berwudhu’). Sedangkan
balutan dan jabiirah (bebatan) boleh diusap ketika bersuci dari hadats kecil
dan besar (dalam wudhu’ dan mandi). Mengusap sepatu ada waktu habisnya
sebagaimana akan dijelaskan, sedangkan mengusap balutan batasnya adalah sampai
ia lepas atau sampai sembuh sakitnya, adapun sorban sampai ia lepas, jika
dipakai lagi boleh ia usap kembali. Tentunya yang kita usap ketika menyapu
sorban dan balutan adalah bagian atasnya. Dan dalam mengusap balutan, sorban
dan kerudung tidak disyaratkan harus bersuci dahulu ketika memakainya.
0 komentar:
Posting Komentar