Shalat Ketika Safar (3)

بسم الله الرحمن الرحيم
Hasil gambar untuk ‫قصر الصلاة في السفر‬‎
Shalat Ketika Safar (3)
Segala puji bagi Allah Rabbul 'alamin, shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba'du:
Berikut lanjutan pembahasan tentang shalat ketika safar, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma aamin.
Shalat Sunah Ketika Safar
Jumhur (mayoritas) ulama berpendapat bahwa tidak makruh melakukan shalat sunah bagi orang yang mengqashar shalat ketika safar, baik shalat sunah rawatib maupun lainnya.
Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah mandi di rumah Ummu Hani di Mekkah pada saat Fathu Makkah, lalu Beliau shalat delapan rakaat.
Dari Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, bahwa ia pernah shalat sunah di atas hewan kendaraannya ke arah hewannya menghadap, dimana beliau berisyarat dengan kepalanya.
Al Hasan berkata, “Para sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika safar melakukan shalat sunah sebelum shalat fardhu dan setelahnya.”
Menurut Ibnu Umar dan lainnya, bahwa tidak disyariatkan melakukan shalat sunah dengan shalat fardhu baik sebelum maupun setelahnya kecuali shalat malam.
Ibnu Umar juga pernah melihat sebagian orang yang melakukan shalat sunah setelah shalat fardhu, maka ia berkata, “Kalau aku mengerjakan shalat fardhu, tentu aku akan sempurnakan shalatku. Wahai putera saudaraku, aku telah menemani Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, namun ternyata Beliau tidak menambah melebihi dua rakaat sampai Allah wafatkan Beliau. Aku juga menemani Abu Bakar, dan ia juga tidak menambah melebihi dua rakaat. Ia juga menyebutkan tentang Umar dan Utsman, lalu ia membacakan ayat,
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ
“Sungguh, telah ada dalam diri Rasulullah suri tauladan yang baik bagimu.” (Qs. Al Ahzab: 21)
Hadits di atas diriwayatkan oleh Bukhari.
Ibnu Qudamah memadukan antara apa yang disampaikan Al Hasan dengan apa yang disampaikan Ibnu Umar, bahwa riwayat Al Hasan itu menunjukkan tidak mengapa melakukan shalat sunah, sedangkan hadits Ibnu Umar menunjukkan tidak mengapa meninggalkannya.
Sebagian ulama menerangkan, bahwa dipersilahkan shalat sunah mutlak ketika safar, bukan shalat sunah rawatib. Adapun shalat sunah rawatib yang dikerjakan hanya shalat sunah qabliyyah (sebelum) Subuh saja. Demikian juga dianjurkan menjaga shalat witir meskipun sedang safar.
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Termasuk petunjuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika safar adalah membatasi dengan shalat fardhu saja. Tidak dihafal dari Beliau, bahwa Beliau shalat sunah sebelum atau setelah shalat fardhu selain shalat witir dan shalat sunah sebelum Subuh, karena Beliau tidak meninggalkannya baik ketika tidak safar maupun ketika safar.” (Zadul Ma’ad 1/437)
Safar pada hari Jum’at
Tidak mengapa bersafar pada hari Jum’at selama belum tiba waktu shalat Jum’at.
Umar pernah mendengar seseorang berkata, “Kalau bukan karena sekarang hari Jum’at, tentu saya akan pergi,” maka Umar berkata, “Pergilah, karena shalat Jum’at tidak menghalangi seseorang bersafar.”
Keadaan dimana seorang musafir menyempurnakan shalat (tidak mengqashar)
Ada beberapa keadaan dimana seorang musafir menyempurnakan shalatnya, yaitu:
1. Ketika seorang musafir bermakmum kepada orang yang mukim.
Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
إِنَّمَا جُعِلَ الإِمَامُ لِيُؤْتَمَّ بِهِ
“Imam itu dijadikan untuk diikuti.” (Hr. Bukhari dan Muslim)
Demikian pula berdasarkan pernyataan Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma saat ditanya tentang menyempurnakan di belakang orang yang mukim, maka ia menjawab, “Itu adalah sunnah Abul Qasim (Rasulullah) shallallahu alaihi wa sallam.” (Hr. Ahmad, dan dishahihkan oleh Al Albani)
2. Ketika seseorang bermakmum kepada seseorang, sedangkan dirinya ragu apakah ia sebagai musafir atau mukim, maka ketika masuk ke dalam shalat di belakang imam, sedangkan dirinya tidak tahu apakah imam ini sebagai musafir atau mukim seperti ketika di bandara, maka ia harus menyempurnakan shalatnya, karena qashar harus didasari niat yang kuat, adapun jika ragu-ragu, maka ia harus menyempurnakan.
3. Ketika ingat shalat fardhu yang dikerjakan ketika belum safar. Misalnya seorang musafir sedang safar, dan di tengah safarnya ia ingat bahwa dirinya sebelum safar shalat Zhuhur tanpa berwudhu sebelumnya, atau ingat terhadap suatu shalat yang terlewat ketika belum safar, maka ia harus shalat secara sempurna. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
«مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا»
“Barang siapa yang lupa shalat atau tertidur daripadanya, maka kaffaratnya adalah melakukan shalat ketika ingat.” (Hr. Bukhari dan Muslim)
4. Ketika seorang musafir memulai shalat yang seharusnya sempurna, lalu batal, kemudian dia mengulangi. Misalnya seorang musafir shalat di belakang orang yang mukim, maka ketika ini ia harus sempurna. Jika batal, lalu mengulangi, maka ia mengulanginya dengan menyempurnakan shalatnya.
5. Apabila musafir berniat mukim secara mutlak (tanpa ditentukan sampai waktu tertentu atau sampai selesai mengerjakan pekerjaan tertentu) atau menjadikan tempat yang disinggahi sebagai tempat tinggalnya (sebagai penduduknya), maka ia sempurnakan shalatnya, karena telah hilang hukum safar baginya. Tetapi jika ia membatasi sampai wakatu tertentu atau selesai mengerjakan tugas tertentu, maka ia masih sebagai musafir dan mengqashar shalat (Lihat Al Fiqhul Muyassar hal. 91).
Wallahu a’lam, wa shallallahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.
Marwan bin Musa
Maraji’: Fiqhus Sunnah (Syaikh Sayyid Sabiq), Tamamul Minnah (Syaikh M. Nashiruddin Al Albani), Al Fiqhul Muyassar (Tim Ahli Fiqh, KSA), Minhajul Muslim (Syaikh Abu Bakar Al Jazairi), Maktabah Syamilah versi 3.45, dll.

0 komentar:

 

ENSIKLOPEDI ISLAM Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger