Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad (8)

بسم الله الرحمن الرحيم
Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (8)
Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du:
Berikut lanjutan risalah mengenal lebih dekat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, semoga Allah menjadikan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma amin.
Mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam sendiri
عَنْ سَهْلٍ رَضِي اللَّه عَنْه أَنَّ امْرَأَةً جَاءَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبُرْدَةٍ مَنْسُوجَةٍ فِيهَا حَاشِيَتُهَا أَتَدْرُونَ مَا الْبُرْدَةُ قَالُوا الشَّمْلَةُ قَالَ نَعَمْ قَالَتْ نَسَجْتُهَا بِيَدِي فَجِئْتُ لِأَكْسُوَكَهَا فَأَخَذَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحْتَاجًا إِلَيْهَا فَخَرَجَ إِلَيْنَا وَإِنَّهَا إِزَارُهُ فَحَسَّنَهَا فُلَانٌ فَقَالَ اكْسُنِيهَا مَا أَحْسَنَهَا قَالَ الْقَوْمُ مَا أَحْسَنْتَ لَبِسَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُحْتَاجًا إِلَيْهَا ثُمَّ سَأَلْتَهُ وَعَلِمْتَ أَنَّهُ لَا يَرُدُّ قَالَ إِنِّي وَاللَّهِ مَا سَأَلْتُهُ لِأَلْبَسَهُ إِنَّمَا سَأَلْتُهُ لِتَكُونَ كَفَنِي قَالَ سَهْلٌ فَكَانَتْ كَفَنَهُ *
Dari Sahl radhiyallahu 'anhu, bahwa ada seorang wanita yang datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan membawa burdah yang bagian pinggirnya ditenun, -Sahl berkata, “Tahukah kalian burdah itu?” Orang-orang berkata, “Jubah,” Sahl berkata, “Ya, wanita itu berkata, “Aku tenun burdah itu dengan tanganku sendiri agar aku dapat memakaikan burdah itu kepadamu,” Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun mengambilnya, Beliau memang membutuhkannya, kemudian Beliau keluar menemui kami dan menjadikannya burdah tersebut untuk kain bawahnya, lalu seseorang menganggapnya bagus sambil berkata, “Pakaikanlah aku kain itu, sungguh bagus sekali,” lalu orang-orang berkata kepadanya, “Kamu ini bagaimana, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memakainya karena butuh, mengapa kamu memintanya, padahal kamu tahu bahwa Beliau tidak akan menolak orang yang meminta,” ia pun berkata, “Sesungguhnya saya, demi Allah, tidaklah meminta untuk dipakai, namun saya memintanya agar menjadi kafan saya nanti.” Sahl pun berkata, “Maka kain itu pun menjadi kain kafannya.” (HR. Bukhari) 
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hal kebersihan
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرٌ مِنَ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ زَادَ قُتَيْبَةُ قَالَ وَكِيعٌ انْتِقَاصُ الْمَاءِ يَعْنِي الِاسْتِنْجَاءَ (مسلم)
Dari ‘Aisyah ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Ada 10 hal yang termasuk fitrah manusia; mencukur kumis, membiarkan janggut, bersiwak, menghirup air ke hidung, memotong kuku, mencuci sela-sela jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinjaa’ (bersuci dari buang air) –Zakariyya (salah seorang yang meriwayatkan hadits) berkata, “Mush’ab berkata, “Saya lupa yang kesepuluhnya sepertinya berkumur-kumur.” (HR. Muslim).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ عُرِضَ عَلَيْهِ طِيبٌ فَلَا يَرُدَّهُ فَإِنَّهُ خَفِيفُ الْمَحْمَلِ طَيِّبُ الرَّائِحَةِ *  (النسائي)
Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau bersabda, “Barang siapa yang diberi minyak wangi, maka jangan ditolak, karena minyak wangi itu mudah dibawa dan harum.” (HR. Nasa’i, dan dishahihkan oleh Al Albani).
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ الِاسْتِحْدَادُ وَالْخِتَانُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ
Dari Abu Hurairah ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Ada lima hal yang termasuk fitrah; mencukur bulu kemaluan, khitan, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, dan memotong kuku.” (HR. Tirmidzi, ia katakan, “Hadits hasan shahih”)
Anas radhiyallahu 'anhu pernah berkata, “Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan batas kepada kami dalam mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur bulu kemaluan agar tidak lebih dari 40 malam.” (HR. Ahmad)
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dalam membaca Al Qur’an
Hudzaifah ibnul Yaman pernah berkata, “Aku pernah shalat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam di suatu malam. Beliau membaca surat Al Baqarah, aku berkata (dalam hati), “Mungkin Beliau akan ruku’ di ayat ke seratus.” Ternyata Beliau melanjutkan, maka aku berkata (dalam hati) “Mungkin Beliau akan ruku’ setelah selesai (Al Baqarah), ternyata Beliau melanjutkan dan membaca surat An Nisaa’ sampai selesai lalu membaca Ali Imraan dan membaca sampai selesai, Beliau membaca secara perlahan. Jika sampai pada ayat yang di sana terdapat tasbih, maka Beliau bertasbih, dan jika melewati ayat yang di sana terdapat permintaan, maka Beliau meminta, dan jika sampai pada ayat yang di sana terdapat perlindungan, maka Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam berlindung, lalu Beliau ruku’…” (HR. Muslim dan Nasa’i).
Bahkan Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam pernah membaca tujuh surat yang panjang ketika sakit dalam satu malam (HR. Abu Ya’la, Hakim, dishahihkan olehnya dan disepakati oleh Adz Dzahabi. Ibnul Atsir berkata, “Tujuh surat yang panjang adalah Al Baqarah, Ali Imran, An Nisaa’, Al Ma’idah, Al An’aam, Al A’raaf, dan At Taubah.”).
Terkadang Beliau membaca salah satu dari tujuh surat itu dalam setiap rakaat. (HR. Abu Dawud dan Nasa’i dengan sanad yang shahih).
Namun tidak diketahui, bahwa Beliau pernah mengkhatamkan Al Qur’an dalam semalam (HR. Musim dan Abu Dawud)
Bahkan Beliau tidak menyetujui perbuatan itu sebagaimana sabda Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu 'anhu,
“Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam sebulan”,
 ‘Abdullah bin ‘Amr berkata, “Aku melihat diriku kuat lebih dari itu.”
Beliau bersabda, “Bacalah (khatamkan) dalam dua puluh malam.” Abdullah bin Amr berkata, “Aku melihat diriku kuat lebih dari itu”, maka Beliau bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam sepekan (7 hari) dan jangan lebih dari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Setelah itu Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan rukhshah (keringanan) untuk mengkhatamkan dalam lima hari (HR. Tirmidzi dan ia menshahihkannya) dan akhirnya boleh mengkhatamkan dalam tiga hari (HR. Bukhari dan Ahmad)
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam melarang kurang dari itu, sabda Beliau, “Barangsiapa yang mengkhatamkan Al Qur’an di bawah tiga hari tidak akan paham.” (HR. Ahmad dengan sanad yang shahih)
Dalam sebuah lafaz disebutkan, “Tidak akan paham orang yang mengkhatamkan kurang dari tiga hari.” (HR. Darimi dan Tirmidzi)
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda kepada Abdullah bin ‘Amr,
فَإِنَّ لِكُلِّ عَابِدٍ شِرَّةٌ ، وَلِكُلِّ شِرَّةٌ فَتْرَةٌ، فَإِمَّا إِلىَ سُنَّةٍ؛ وَإِمَّا إِلىَ بِدْعَةٍ، فَمَنْ كَانَتْ إِلىَ سُنَّةٍ فَقَدِ اهْتَدَى، وَمَنْ كَانَتْ فَتْرَتُهُ إِلىَ غَيْرِ ذَالِكَ فَقَدْ هَلَكَ
“Sesungguhnya ahli ibadah itu memiliki syirrah (masa semangat), dan pada setiap masa semangat itu ada masa lemahnya, masa lemah itu bisa ke arah sunnah dan bisa ke arah bid’ah. Barang siapa yang masa lemahnya ke arah (tetap di atas) sunnah, maka sungguh ia telah mendapat petunjuk dan barang siapa yang masa lemahnya itu ke arah selain itu maka binasalah ia.” (dinukil dari sifat Shalat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam karya Syaikh Al Bani)
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam membela kehormatan orang lain
‘Itban bin Malik radhiyallahu 'anhu pernah meminta Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam shalat di rumahnya, orang-orang pun mendatangi rumahnya, lalu ada seseorang yang berkata, “Mana Malik bin Dikhsyam?” Di antara mereka ada yang berkata, “Dia munafik, tidak cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
لَا تَقُلْ ذَلِكَ أَلَا تَرَاهُ قَدْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يُرِيدُ بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ قَالَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ فَإِنَّا نَرَى وَجْهَهُ وَنَصِيحَتَهُ إِلَى الْمُنَافِقِينَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ
“Janganlah kamu mengatakan seperti itu. Tidakkah kamu melihat ia mengucapkan “Laailaahaillallah” (Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah) karena mengharapkan wajah Allah.” Ia pun berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu, namun kami melihat ia lebih cenderung kepada orang-orang munafik.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang berkata “Laailaahaillallah” karena mengharapkan wajah Allah.” (HR. Bukhari)
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُولُ قَالَ إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ *
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tahukah kamu apa itu ghibah?” Para shahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau menjawab, “Kamu sebut tentang saudaramu hal yang tidak disukainya.” Lalu Beliau ditanya, “Bagaimana jika demikian keadaan saudaraku itu, yaitu sesuai yang aku katakan?” Beliau menjawab, “Jika sesuai yang kamu katakan maka kamu telah mengghibahnya, namun jika tidak demikian keadaan saudaramu maka kamu telah berdusta.” (HR. Muslim)
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda,
مَنْ رَدَّ عَنْ عِرْضِ أَخِيهِ رَدَّ اللَّهُ عَنْ وَجْهِهِ النَّارَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
 “Barang siapa yang membela kehormatan seorang muslim, maka Allah akan menghindarkan wajahnya dari neraka pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi, dan ia menghasankannnya).
Bersambung...
Wa shallallallahu ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad wa ‘ala aalihihi wa shahbihi wa sallam
Marwan bin Musa
Maraji’: Maktabah Syamilah, Al Ushul Ats Tsalatsah (Muhammad bin Abdul Wahhab), Nubadz min akhlaaqin Nabi (Abdul Hamid As Suhaibani), Quthuuf minasy Syamaa’ilil Muhammadiyyah (M. bin Jamil Zaenu), Mukhtashar siiratin Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (Abdul Ghaniy Al Maqdisi), I’rif Nabiyyaka Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yaa bunayya (Abdul Majid Al Bayanuni), Minhaajul Muslim (Abu Bakar Al Jaza’iri), Riyaadhush Shaalihiin (Imam Nawawi), Untaian Mutiara Hadits (Penulis), dll.

0 komentar:

 

ENSIKLOPEDI ISLAM Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger