Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad (9)

بسم الله الرحمن الرحيم
Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (9)
Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah, kepada keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari Kiamat, amma ba’du:
Berikut lanjutan risalah mengenal lebih dekat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, semoga Allah menjadikan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, Allahumma amin.
Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan haknya kepada masing-masing
عن أَنَس بْن مَالِكٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ ثَلَاثَةُ رَهْطٍ إِلَى بُيُوتِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُونَ عَنْ عِبَادَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أُخْبِرُوا كَأَنَّهُمْ تَقَالُّوهَا فَقَالُوا وَأَيْنَ نَحْنُ مِنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ قَالَ أَحَدُهُمْ أَمَّا أَنَا فَإِنِّي أُصَلِّي اللَّيْلَ أَبَدًا وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَصُومُ الدَّهْرَ وَلَا أُفْطِرُ وَقَالَ آخَرُ أَنَا أَعْتَزِلُ النِّسَاءَ فَلَا أَتَزَوَّجُ أَبَدًا فَجَاءَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَيْهِمْ فَقَالَ أَنْتُمُ الَّذِينَ قُلْتُمْ كَذَا وَكَذَا أَمَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأَخْشَاكُمْ لِلَّهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ لَكِنِّي أَصُومُ وَأُفْطِرُ وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي *
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata, “Ada tiga orang yang datang ke rumah istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, mereka hendak bertanya tentang ibadah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Ketika telah diberitahukan, mereka menganggap ibadah Beliau sedikit, mereka berkata, “Bagaimanakah kami dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang telah diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” Salah seorang di antara mereka berkata, “Adapun saya, maka saya akan shalat malam selama-lamanya”, yang lain berkata, “Saya akan puasa selamanya dan tidak berbuka.” Sedangkan yang lain lagi berkata, “Saya akan menjauhi wanita dan tidak akan menikah selamanya.” Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallampun datang kepada mereka lalu bersabda, “Kamu yang berkata begini dan begitu. Ketahuilah, demi Allah, aku adalah orang yang paling takut kepada Allah dan paling bertakwa kepada-Nya; akan tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku shalat dan tidur, serta aku menikahi wanita. Maka barang siapa yang membenci sunnahku, ia bukan termasuk golonganku.” (HR. Bukhari)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِي اللَّه عَنْه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِيَّاكُمْ وَالْجُلُوسَ عَلَى الطُّرُقَاتِ فَقَالُوا مَا لَنَا بُدٌّ إِنَّمَا هِيَ مَجَالِسُنَا نَتَحَدَّثُ فِيهَا قَالَ فَإِذَا أَبَيْتُمْ إِلَّا الْمَجَالِسَ فَأَعْطُوا الطَّرِيقَ حَقَّهَا قَالُوا وَمَا حَقُّ الطَّرِيقِ قَالَ غَضُّ الْبَصَرِ وَكَفُّ الْأَذَى وَرَدُّ السَّلَامِ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ *
Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau bersabda, “Jauhilah oleh kalian duduk-duduk di pinggir jalan.” Para sahabat  berkata, “Wahai Rasulullah, kami tidak dapat tidak harus duduk-duduk untuk berbincang-bincang.” Kemudian Beliau bersabda, “Jika kalian tetap ingin berbincang-bincang, maka berikanlah hak jalan.” Para sahabat bertanya, “Apa haknya?” Beliau menjawab, “Yaitu menundukkan pandangan, menghindarkan gangguan, menjawab salam, menyuruh mengerjakan yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran.” (HR. Bukhari)
عن عَبْداللَّهِ بْن عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَبْدَاللَّهِ أَلَمْ أُخْبَرْ أَنَّكَ تَصُومُ النَّهَارَ وَتَقُومُ اللَّيْلَ قُلْتُ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَلَا تَفْعَلْ صُمْ وَأَفْطِرْ وَقُمْ وَنَمْ فَإِنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حَقًّا وَإِنَّ لِعَيْنِكَ عَلَيْكَ حَقًّا وَإِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًّا *
Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Aash ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, “Wahai Abdullah, aku diberitahukan, bahwa kamu selalu berpuasa di siang hari dan shalat di malam hari?” Aku menjawab, “Ya, wahai Rasulullah”, Beliau pun bersabda, “Jangan lakukan, berpuasa dan berbukalah, bangun malam dan tidurlah, karena jasadmu memiliki hak yang wajib kamu penuhi, demikian juga matamu memiliki hak, dan istrimu juga memiliki hak.” (HR. Bukhari)
Menghargai orang yang saleh meskipun dipandang rendah di mata manusia
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا أَسْوَدَ أَوِ امْرَأَةً سَوْدَاءَ كَانَ يَقُمُّ الْمَسْجِدَ فَمَاتَ فَسَأَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْهُ فَقَالُوا مَاتَ قَالَ أَفَلَا كُنْتُمْ آذَنْتُمُونِي بِهِ دُلُّونِي عَلَى قَبْرِهِ أَوْ قَالَ قَبْرِهَا فَأَتَى قَبْرَهَا فَصَلَّى عَلَيْهَا *
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Bahwa ada seorang laki-laki atau wanita berkulit hitam yang sering menyapu masjid, lalu ia meninggal, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pun menanyakan tentang keberadaannya. Para sahabat berkata, “Ia telah meinggal.” Beliau pun bersabda, “Kenapa kalian tidak memberitahukanku? Tunjukkan kepadaku di mana kuburnya.” Maka mereka pun menunjukkannya, lalu Beliau mendatangi kuburnya kemudian menyalatkannya.” (HR. Bukhari)
Selayang pandang tentang Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam
Imam ‘Abdul Ghaniy bin ‘Abdul Waahid Al Maqdisiy berkata tentang Beliau,
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling berani, ‘Ali bin Abi Thaalib pernah berkata, “Kami ini, jika perang semakin berkecamuk, kedua pasukan bertemu, kami berlindung di balik Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.”
Beliau adalah orang yang paling dermawan, Beliau tidak pernah berkata “Tidak” ketika diminta.
Beliau adalah orang yang sangat santun.
Beliau adalah orang yang sangat pemalu, bahkan melebihi gadis yang berada di tempat pingitan, matanya tidak kuat lama memandang seseorang.
Beliau tidak pernah dendam, tidak pula pernah marah karena dirinya (disakiti), lain halnya jika larangan Allah Ta’ala dilanggar, maka Beliau marah karena Allah. Jika Beliau marah karena Allah, maka tidak ada seorang pun yang ikut marah karena kemarahan Beliau.
Orang yang dekat maupun yang jauh, yang kuat maupun yang lemah di hadapan Beliau adalah sama.
Beliau tidak pernah mencela makanan. Jika Beliau suka, Beliau akan makan, dan jika tidak suka, maka Beliau tinggalkan.
Beliau tidak pernah makan bersandar, juga tidak pernah makan di atas meja, Beliau juga tidak menolak barang yang mubah. Jika Beliau mendapatkan kurma, maka Beliau akan makan, dan jika Beliau mendapatkan roti, Beliau juga akan makan. Jika Beliau mendapatkan daging panggang, Beliau akan makan, dan jika Beliau mendapatkan roti gandum atau sya’ir (sejenis gandum) Beliau pun akan makan, dan jika ada susu Beliau cukupkan diri dengannya, Beliau pun makan semangka dengan kurma basah, Beliau suka makanan manis dan madu.
Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam keluar dari dunia ini dalam keadaan tidak pernah kenyang karena makan roti sya’ir.”
Pernah sebulan atau dua bulan berlalu kepada keluarga Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, namun di rumah Beliau tidak pernah menyala api (tidak masak), Beiau dan keluarganya hanya makan kurma dan air saja.
Beliau menerima hadiah dan tidak mau menerima zakat, dan selalu membalas orang yang memberi hadiah.
Beliau tidak mewah dalam hal makanan dan pakaian, Beliau makan seadanya dan memakai pakaian seadanya.
Beliau mengesol sandal sendiri, menambal baju sendiri, membantu pekerjaan istrinya, dan menjenguk orang yang sakit.
Beliau adalah manusia yang paling tawaadhu’, Beliau penuhi undangan orang yang mengundangnya baik ia orang kaya, orang miskin, orang hina, maupun mulia.
Beliau cinta orang-orang miskin, ikut menghadiri pengurusan jenazah mereka, Beliau jenguk orang yang sakit di kalangan mereka, Beliau tidak hinakan orang yang miskin dan tidak takut terhadap raja.
Beliau menaiki kuda, unta, keledai, bighal dan pernah memboncengi seorang budak di belakangnya maupun yang lainnya.
Beliau terkadang memakai baju yang terbuat dari bulu domba, memakai sandal yang disol, Beliau suka kain hibarah (kain bercorak) buatan Yaman, yang warnanya ada merah dan putih.
Cincin Beliau terbuat dari perak[i], mata cincinnya juga dari perak.
Beliau sering berdzikr dan memperkecil hal yang sia-sia, Beliau panjangkan shalatnya dan pendekkan khutbahnya.
Beliau orang yang sering tersenyum dan menampakkan kegembiraan, meskipun kesedihan menimpa Beliau, dan keadaannya yang selalu berfikir.
Beliau suka wewangian, dan tidak suka sesuatu yang bau.
Beliau bergaul dengan orang mulia, memuliakan mereka, Beliau tampakkan kegembiraan kepada orang-orang dan tidak bersikap kasar kepada seorangpun.
Jika Beliau melihat hal yang mubah, Beliau diamkan, Beliau terkadang bercanda namun isinya benar, Beliau selalu menerima alasan orang yang datang menyebutkan alasan kepadanya.
Beliau memiliki budak laki-laki dan wanita, namun Beliau tidak pernah makan dan berpakaian melebihi mereka.
Tidak pernah berlalu kepada Beliau walktu pun yang kosong dari ibadah, yang kosong dari hal yang berguna baik baginya maupun keluarganya.
Beliau pernah mengembala kambing, Beliau bersabda, “Tidak seorang nabi pun kecuali pernah mengembala kambing.”
‘Aisyah pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, ia menjawab, “Akhlak Beliau adalah Al Qur’an”, Beliau marah karena Allah dan ridhapun karenanya.
Telah shahih dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu bahwa ia berkata, “Aku belum pernah menyentuh sutera tebal maupun tipis yang lebih lunak dari tangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, aku tidak juga pernah mencium wewangian yang lebih wangi daripada wangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Sungguh aku telah melayani Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selama 10 tahun, Beliau tidak pernah berkata kepadaku “Ah”, tidak juga berkata terhadap yang aku perbuat, “Kenapa kamu lakukan ini?” Dan tidak mengatakan kepada perbuatan yang tidak aku lakukan, “Tidakkah kamu kerjakan yang ini dan itu?”
(Mukhtashar Siiratin Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam karya Al Haafizh Abdul Ghaniy Al Maqdisiy, fasal fii akhlaaqihi)
Bersambung...
Wa shallallallahu ‘alaa Nabiyyinaa Muhammad wa ‘ala aalihihi wa shahbihi wa sallam
Marwan bin Musa
Maraji’: Maktabah Syamilah, Al Ushul Ats Tsalatsah (Muhammad bin Abdul Wahhab), Nubadz min akhlaaqin Nabi (Abdul Hamid As Suhaibani), Quthuuf minasy Syamaa’ilil Muhammadiyyah (M. bin Jamil Zaenu), Mukhtashar siiratin Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam (Abdul Ghaniy Al Maqdisi), I’rif Nabiyyaka Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam yaa bunayya (Abdul Majid Al Bayanuni), Minhaajul Muslim (Abu Bakar Al Jaza’iri), Riyaadhush Shaalihiin (Imam Nawawi), Untaian Mutiara Hadits (Penulis), dll.


[i] Beliau memakai cincin karena dibutuhkan ketika itu, yaitu untuk stempel surat-surat Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam yang dikirim kepada raja-raja untuk mengajak mereka kepada Islam, dan Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam hanya membolehkan cincin yang terbuat dari perak, adapun dari besi apalagi emas maka tidak diperbolehkan bagi laki-laki, dan Beliau melarang memakai cincin di telunjuk dan jari tengah.

0 komentar:

 

ENSIKLOPEDI ISLAM Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger