بسم الله الرحمن الرحيم
Cara
Membuat Silabus dan Contohnya
Pengertian
Silabus
Silabus merupakan panduan yang digunakan guru dalam menyusun
rencana pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir. Dengan memiliki silabus
yang baik, maka proses pembelajaran akan lebih terstruktur dan terorganisir,
sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik. (Sumber:
https://an-nur.ac.id/langkah-langkah-membuat-silabus-2/ )
Panduan
Membuat Silabus
1. Mengidentifikasi Tujuan
Pembelajaran
Langkah pertama dalam membuat silabus adalah mengidentifikasi
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah mengikuti mata pelajaran
tersebut. Tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, dan terukur, sehingga
mudah untuk dicapai dan diukur.
2. Menyiapkan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan, dan disajikan secara terstruktur dan terorganisir.
3. Menentukan
Metode dan Teknik Pembelajaran
Setelah menyiapkan materi pembelajaran, selanjutnya
adalah menentukan metode dan teknik pembelajaran yang akan digunakan untuk
mengajarkan materi tersebut. Beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih
antara lain adalah metode metode diskusi, metode eksperimen, dan sebagainya.
4.
Melihat Jumlah Jam atau Hari Tatap Muka Bersama Siswa
Dengan
melihat jumlah jam atau hari tatap muka, kita bisa mengejar target yang hendak
kita capai dalam suatu pembelajaran insya Allah. Demikian pula dapat menentukan
berapa kali pertemuan yang dibutuhkan untuk sebuah materi.
5. Menyiapkan
Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar
Setelah menentukan metode dan teknik pembelajaran,
selanjutnya adalah menyiapkan evaluasi dan penilaian hasil belajar yang akan
dilakukan untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran
yang telah ditetapkan.
6. Menyusun
Struktur Silabus
Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan,
selanjutnya adalah menyusun struktur silabus. Struktur silabus harus jelas dan
terorganisir, sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa.
7. Melakukan
Review dan Revisi terhadap Silabus
Setelah menyusun struktur silabus, selanjutnya
adalah melakukan review dan revisi terhadap silabus yang telah disusun. Review
dan revisi dilakukan untuk memastikan bahwa silabus telah sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
8. Menyiapkan
Rencana Pembelajaran
Setelah melakukan review dan revisi terhadap
silabus, selanjutnya adalah menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana
pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang terstruktur dan
terorganisir sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disajikan. Rencana
pembelajaran harus memuat informasi tentang materi pembelajaran, metode dan
teknik pembelajaran, evaluasi dan penilaian hasil belajar, serta waktu yang
dibutuhkan untuk menyelesaikan mata pelajaran tersebut.
9. Melakukan
Implementasi terhadap Silabus
Setelah menyiapkan rencana pembelajaran, selanjutnya
adalah melakukan implementasi terhadap silabus yang telah disusun. Implementasi
dilakukan dengan mengikuti rencana pembelajaran yang telah disiapkan, dan
mengajarkan materi pembelajaran sesuai dengan metode dan teknik pembelajaran
yang telah ditetapkan.
10.
Melakukan Evaluasi Terhadap Penggunaan Silabus
Setelah melakukan implementasi terhadap silabus,
selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap penggunaan silabus. Evaluasi
dilakukan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
telah tercapai, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan
silabus yang telah dilakukan. Hasil evaluasi dapat digunakan sebagai masukan
untuk meningkatkan proses pembelajaran di kemudian hari.
Melakukan Update dan Optimalisasi terhadap
Penggunaan Silabus
Setelah melakukan evaluasi terhadap penggunaan silabus, selanjutnya adalah
melakukan update dan optimalisasi terhadap penggunaan silabus. Update dan
optimalisasi dilakukan dengan memperbaharui tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, metode dan teknik pembelajaran, serta evaluasi dan penilaian
hasil belajar sesuai dengan hasil evaluasi dan kebutuhan siswa.
Referensi:
·
Departemen Pendidikan Nasional.
(2019). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/panduan-penyusunan-silabus
·
Universitas Negeri Jakarta.
(2020). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari
https://www.unj.ac.id/unj/panduan-penyusunan-silabus/
·
Universitas Brawijaya. (2019).
Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari
https://www.ub.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/Panduan-Penyusunan-Silabus-UB.pdf
Referensi: https://an-nur.ac.id/langkah-langkah-membuat-silabus-2/
A. Identitas Mata Kuliah:
Mata
Kuliah
: Pendidikan Agama Islam
SKS
: 12
Semester
: III
Jurusan
: PAI
Fakultas
: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Nama Kampus : STAI
Al Barokah
B. Identitas Dosen:
Nama
: Marwan Hadidi, M.Pd.I
NIP
: -
NIDN
: 0403018506
HP
: 0878-7506-9024
Alamat
: Kp. Bulu RT 03/03 Setia Mekar Tambun Selatan
Email
: hadidimarwan@gmail.com
Blog
: http://wawasankeislaman.blogspot.com/
Telegram :
https://t.me/wawasan_muslim
Youtube :
https://youtube.com/channel/UCEOHYVqMndi3Q9FXIBgmDAw
Facebook
: https://www.facebook.com/Marwan-Hadidi-105778297740469/
C. Tujuan Mata Kuliah:
Mahasiswa memiliki pengetahun dan pemamahaman tentang
pendidikan Islam, sumber rujukan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode-metode
pendidikan dalam Al Qur’an dan As Sunnah, cakupan pendidikan Islam, keistimewaan
pendidikan Islam, media pendidikan, dan sebagainya sehingga mahasiswa memahami
pendidikan atau tarbiyah yang Islami.
D. Capaian Pembelajaran:
Mahasiswa mengetahui pendidikan yang Islami, materi pendidikan
Islam, sumber rujukan pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, contoh
pendidikan Islam, keistimewaan pendidikan Islam, dan sebagainya sehingga
mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman keislaman yang ilmiah dan
metodologis, serta mampu menerapkannya.
E. Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini berisi
pembahasan tentang Pengertian Pendidikan Islam, Sumber rujukan pendidikan
Islam; materi pendidikan Islam, metode-metode pendidikan dalam
Al Qur’an dan As Sunnah, cakupan pendidikan Islam, keistimewaan pendidikan
Islam, media pendidikan, dsb.
F. Topik Inti:
1.
Pendahuluan: Pengertian Pendidikan Islam;
2.
Sumber rujukan
pendidikan Islam
3.
Materi Pendidikan
Islam
4.
Metode-metode
pendidikan dalam Al Qur’an dan As Sunnah
5.
Cakupan
Pendidikan Islam
6.
Keistimewaan
Pendidikan Islam
7.
Media pendidikan
G. Buku-buku Rujukan
1.
Ahmad Farid, At Tarbiyah ‘ala Manhaj Ahlisssunnah wal Jama’ah.
2.
Munqidz bin Mahmud As Saqqar, An
Nabi shallallahu alaihi wa sallam, .
3.
Marwan Hadidi, Tafsir Surah Al Fatihah dan Juz Ammaa, Bekasi: Islahi
Publisher, 2023.
4.
Dll.
H. Strategi dan Metode Perkuliahan
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Diskusi/Seminar
4.
Penugasan (Resume, Riset)
5.
Dll.
I. Penilaian
1.
Sikap
2.
Kehadiran
3.
Keaktifan Diskusi
4.
Presentase Makalah
5.
Nilai Makalah
6.
Penugasan
7.
Ujian Tengah Semester
8.
Ujian Akhir Semester
.
J. Tema-Tema Makalah MK Pendidikan Islam:
1.
Pengertian Pendidikan yang
Islami,
2.
Contoh pendidikan Islam,
3.
Sumber rujukan pendidikan
Islam,
4.
Metode pendidikan Islam,
5.
Contoh pendidikan Islam,
6.
Keistimewaan pendidikan Islam,
7.
Dll.
K. Contoh Silabus Pendidikan
Islam:
NO |
TOPIK PEMBAHASAN |
SUB PEMBAHASAN |
KETERANGAN |
1. |
PENDAHULUAN (Perkenalan dan Ceramah Dosen) |
a. Pengertian Pendidikan b. Al Qur’an dan As Sunnah kitab
tarbawi secara mutlak b. Banyaknya para pendidik yang berpaling dari
kitab tarbawi terbaik d. Mengapa Al Qur’an dan As Sunnah
sebagai kitab tarbawi terbaik? |
|
|
|
|
|
2. |
SUMBER RUJUKAN PENDIDIKAN ISLAM |
a. Al Qur’an dan As Sunnah sumber
rujukan dalam semua aspek kehidupan b. Bukti Al Qur’an dan As Sunnah
sebagai kitab tarbawi terbaik c. Contoh metode Al Qur’an dan As
Sunnah dalam mendidik manusia |
|
|
|
Maraji: |
|
3. |
MATERI PENDIDIKAN ISLAM |
a. Akidah (Tauhid vs syirk, Iman vs
Kufur, dsb.) b. Ibadah c. Adab dan Akhlak d. Muamalat |
|
|
|
Maraji: http://wawasankeislaman.blogspot.com/2012/01/pendidikan-islam-untuk-anak.html |
|
4. |
METODE-METODE PENDIDIKAN DALAM AL QUR’AN DAN
AS SUNNAH |
a. Metode tanya-jawab dalam Al Qur’an
dan As Sunnah b. Metode perumpamaan dalam Al Qur’an
dan As Sunnah c. Metode kisah dalam Al Qur’an dan As
Sunnah |
|
|
|
Maraji: https://t.me/wawasan_muslim/7531 |
|
5. |
CAKUPAN PENDIDIKAN ISLAM |
a. Tarbiyah ‘Aqaidiyyah b. Tarbiyah Fikriyyah c. Tarbiyah Imaniyyah d. Tarbiyah Khuluqiyyah e. Tarbiyah ‘alal aadab was sunan f. Tarbiyah Jasadiyyah g. Tarbiyah ‘alal ‘iffah wal isti’faf Lihat: |
|
|
|
|
|
6. |
KEISTIMEWAAN PENDIDIKAN ISLAM |
a. Dihubungkan dengan muraqabatullah b. Dihubungkan dengan akhirat c. Diingatkan dengan pahala dan siksa d. Mengambil pelajaran dari orang lain |
|
|
|
|
|
7. |
MEDIA PENDIDIKAN |
a. Penggunaan berbagai perangkat multimedia. b. Penggunaan media sosial. c. Penggunaan internet |
|
|
|
Maraji: http://wawasankeislaman.blogspot.com/2014/10/pemanfaatan-tik-dalam-menunjang-proses_29.html |
|
8. |
UMK |
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar