Cara Membuat Silabus dan Contohnya

 

بسم الله الرحمن الرحيم



Cara Membuat Silabus dan Contohnya

 

Pengertian Silabus

Silabus merupakan panduan yang digunakan guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir. Dengan memiliki silabus yang baik, maka proses pembelajaran akan lebih terstruktur dan terorganisir, sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan lebih baik. (Sumber: https://an-nur.ac.id/langkah-langkah-membuat-silabus-2/ )

 

Panduan Membuat Silabus

1. Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran

Langkah pertama dalam membuat silabus adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah mengikuti mata pelajaran tersebut. Tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, dan terukur, sehingga mudah untuk dicapai dan diukur.

2. Menyiapkan Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dan disajikan secara terstruktur dan terorganisir.

3. Menentukan Metode dan Teknik Pembelajaran

Setelah menyiapkan materi pembelajaran, selanjutnya adalah menentukan metode dan teknik pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajarkan materi tersebut. Beberapa metode pembelajaran yang dapat dipilih antara lain adalah metode metode diskusi, metode eksperimen, dan sebagainya.

4. Melihat Jumlah Jam atau Hari Tatap Muka Bersama Siswa

Dengan melihat jumlah jam atau hari tatap muka, kita bisa mengejar target yang hendak kita capai dalam suatu pembelajaran insya Allah. Demikian pula dapat menentukan berapa kali pertemuan yang dibutuhkan untuk sebuah materi.

 

5. Menyiapkan Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar

Setelah menentukan metode dan teknik pembelajaran, selanjutnya adalah menyiapkan evaluasi dan penilaian hasil belajar yang akan dilakukan untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

6. Menyusun Struktur Silabus

Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah menyusun struktur silabus. Struktur silabus harus jelas dan terorganisir, sehingga mudah untuk dipahami oleh siswa.

 

 

 

 

7. Melakukan Review dan Revisi terhadap Silabus

Setelah menyusun struktur silabus, selanjutnya adalah melakukan review dan revisi terhadap silabus yang telah disusun. Review dan revisi dilakukan untuk memastikan bahwa silabus telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

8. Menyiapkan Rencana Pembelajaran

Setelah melakukan review dan revisi terhadap silabus, selanjutnya adalah menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir sesuai dengan materi pembelajaran yang akan disajikan. Rencana pembelajaran harus memuat informasi tentang materi pembelajaran, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi dan penilaian hasil belajar, serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mata pelajaran tersebut.

9. Melakukan Implementasi terhadap Silabus

Setelah menyiapkan rencana pembelajaran, selanjutnya adalah melakukan implementasi terhadap silabus yang telah disusun. Implementasi dilakukan dengan mengikuti rencana pembelajaran yang telah disiapkan, dan mengajarkan materi pembelajaran sesuai dengan metode dan teknik pembelajaran yang telah ditetapkan.

10. Melakukan Evaluasi Terhadap Penggunaan Silabus

Setelah melakukan implementasi terhadap silabus, selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap penggunaan silabus. Evaluasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan telah tercapai, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari penggunaan silabus yang telah dilakukan. Hasil evaluasi dapat digunakan sebagai masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran di kemudian hari.

Melakukan Update dan Optimalisasi terhadap Penggunaan Silabus
Setelah melakukan evaluasi terhadap penggunaan silabus, selanjutnya adalah melakukan update dan optimalisasi terhadap penggunaan silabus. Update dan optimalisasi dilakukan dengan memperbaharui tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode dan teknik pembelajaran, serta evaluasi dan penilaian hasil belajar sesuai dengan hasil evaluasi dan kebutuhan siswa.

Referensi:

·         Departemen Pendidikan Nasional. (2019). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/panduan-penyusunan-silabus

·         Universitas Negeri Jakarta. (2020). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.unj.ac.id/unj/panduan-penyusunan-silabus/

·         Universitas Brawijaya. (2019). Panduan Penyusunan Silabus. Diperoleh dari https://www.ub.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/Panduan-Penyusunan-Silabus-UB.pdf

 

Referensi: https://an-nur.ac.id/langkah-langkah-membuat-silabus-2/  

 

 

A. Identitas Mata Kuliah:

Mata Kuliah                 : Pendidikan Agama Islam

SKS                               : 12

Semester                      : III

Jurusan                        : PAI

Fakultas                       : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Nama Kampus             : STAI Al Barokah

 

B. Identitas Dosen:

Nama                           : Marwan Hadidi, M.Pd.I

NIP                              : -

NIDN                            : 0403018506

HP                               : 0878-7506-9024

Alamat                         : Kp. Bulu RT 03/03 Setia Mekar Tambun Selatan

Email                                       hadidimarwan@gmail.com 

Blog                                         http://wawasankeislaman.blogspot.com/ 

Telegram                    : https://t.me/wawasan_muslim

Youtube                       : https://youtube.com/channel/UCEOHYVqMndi3Q9FXIBgmDAw

Facebook                     : https://www.facebook.com/Marwan-Hadidi-105778297740469/ 

 

C. Tujuan Mata Kuliah:

Mahasiswa memiliki pengetahun  dan pemamahaman tentang pendidikan Islam, sumber rujukan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, metode-metode pendidikan dalam Al Qur’an dan As Sunnah, cakupan pendidikan Islam, keistimewaan pendidikan Islam, media pendidikan, dan sebagainya sehingga mahasiswa memahami pendidikan atau tarbiyah yang Islami.

 

 

D. Capaian Pembelajaran:

Mahasiswa mengetahui pendidikan yang Islami, materi pendidikan Islam, sumber rujukan pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, contoh pendidikan Islam, keistimewaan pendidikan Islam, dan sebagainya sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman keislaman yang ilmiah dan metodologis, serta mampu menerapkannya.

 

E. Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini berisi pembahasan tentang Pengertian Pendidikan Islam, Sumber rujukan pendidikan Islam;  materi pendidikan Islam, metode-metode pendidikan dalam Al Qur’an dan As Sunnah, cakupan pendidikan Islam, keistimewaan pendidikan Islam, media pendidikan, dsb.

 

F. Topik Inti:

1.                  Pendahuluan: Pengertian Pendidikan Islam; 

2.                  Sumber rujukan pendidikan Islam

3.                  Materi Pendidikan Islam

4.                  Metode-metode pendidikan dalam Al Qur’an dan As Sunnah

5.                  Cakupan Pendidikan Islam

6.                  Keistimewaan Pendidikan Islam

7.                  Media pendidikan

 

G. Buku-buku Rujukan

 

1.                  Ahmad Farid, At Tarbiyah ‘ala Manhaj Ahlisssunnah wal Jama’ah.

2.                  Munqidz bin Mahmud As Saqqar, An Nabi shallallahu alaihi wa sallam, .

3.                  Marwan Hadidi, Tafsir Surah Al Fatihah dan Juz Ammaa, Bekasi: Islahi Publisher, 2023.

4.                  Dll.

 

 H. Strategi dan Metode Perkuliahan

1.                  Ceramah

2.                  Tanya Jawab

3.                  Diskusi/Seminar

4.                  Penugasan (Resume, Riset)

5.                  Dll.

 

 

 

 I. Penilaian

1.                  Sikap

2.                  Kehadiran

3.                  Keaktifan Diskusi

4.                  Presentase Makalah

5.                  Nilai Makalah

6.                  Penugasan

7.                  Ujian Tengah Semester

8.                  Ujian Akhir Semester

.

J. Tema-Tema Makalah MK Pendidikan Islam:

1.                  Pengertian Pendidikan yang Islami,

2.                  Contoh pendidikan Islam,

3.                  Sumber rujukan pendidikan Islam,

4.                  Metode pendidikan Islam,

5.                  Contoh pendidikan Islam,

6.                  Keistimewaan pendidikan Islam,

7.                  Dll.

 

K. Contoh Silabus Pendidikan Islam:

 

NO

TOPIK PEMBAHASAN

SUB PEMBAHASAN

KETERANGAN

1.

PENDAHULUAN (Perkenalan dan Ceramah Dosen)

a.     Pengertian Pendidikan

b.     Al Qur’an dan As Sunnah kitab tarbawi secara mutlak

b.   Banyaknya para pendidik yang berpaling dari kitab tarbawi terbaik

d.    Mengapa Al Qur’an dan As Sunnah sebagai kitab tarbawi terbaik? 

 

 

 

Maraji: https://t.me/wawasan_muslim/17965

 

2.

SUMBER RUJUKAN PENDIDIKAN ISLAM

a.      Al Qur’an dan As Sunnah sumber rujukan dalam semua aspek kehidupan

b.      Bukti Al Qur’an dan As Sunnah sebagai kitab tarbawi terbaik

c.      Contoh metode Al Qur’an dan As Sunnah dalam mendidik manusia

 

 

 

Maraji:

https://t.me/wawasan_muslim/7531

 

3.

MATERI PENDIDIKAN ISLAM

a.      Akidah (Tauhid vs syirk, Iman vs Kufur, dsb.)

b.      Ibadah

c.       Adab dan Akhlak

d.    Muamalat

 

 

 

Maraji:

http://wawasankeislaman.blogspot.com/2012/01/pendidikan-islam-untuk-anak.html

 

4.

METODE-METODE PENDIDIKAN DALAM AL QUR’AN DAN AS SUNNAH

a.       Metode tanya-jawab dalam Al Qur’an dan As Sunnah

b.      Metode perumpamaan dalam Al Qur’an dan As Sunnah

c.      Metode kisah dalam Al Qur’an dan As Sunnah

 

 

 

Maraji: https://t.me/wawasan_muslim/7531

 

5.

CAKUPAN PENDIDIKAN ISLAM

a.      Tarbiyah ‘Aqaidiyyah

b.      Tarbiyah Fikriyyah

c.       Tarbiyah Imaniyyah

d.    Tarbiyah Khuluqiyyah

e.     Tarbiyah ‘alal aadab was sunan

f.     Tarbiyah Jasadiyyah

g.     Tarbiyah ‘alal ‘iffah wal isti’faf

 

Lihat:

https://t.me/wawasan_muslim/7531

 

 

 

 

 

6.

KEISTIMEWAAN PENDIDIKAN ISLAM

a.      Dihubungkan dengan muraqabatullah

b.      Dihubungkan dengan akhirat

c.    Diingatkan dengan pahala dan siksa

d.    Mengambil pelajaran dari orang lain

 

 

 

 

 

7.

MEDIA PENDIDIKAN

a.      Penggunaan berbagai perangkat  multimedia.

b.   Penggunaan media sosial.

c.   Penggunaan internet

 

 

 

 

Maraji:

http://wawasankeislaman.blogspot.com/2014/10/pemanfaatan-tik-dalam-menunjang-proses_29.html

 

 

8.

UMK

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

 

ENSIKLOPEDI ISLAM Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger