بسم
الله الرحمن الرحيم
Pengantar Ilmu Balaghah (5)
Mengenal Tingginya Sastra Al Qur’an
Segala puji bagi Allah Rabbul 'alamin,
shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah, keluarganya, para
sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba'du:
Berikut lanjutan
pengantar ilmu Balaghah agar kita mengetahui tingginya sastra Al Qur’an, semoga
Allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-Nya dan bermanfaat, aamin.
ILMU MA’ANI, BAYAN, DAN BADI
3. Ilmu Badi
Ilmu Badi adalah ilmu yang membahas tentang
cara menghias kalimat baik pada lafaznya maupun maknanya.
Contoh penghias makna adalah:
a. Tauriyah, yaitu ketika
disebut suatu kata memiliki dua makna (arti);
arti dekat yakni yang segera difahami pendengar, dan arti jauh yang sebenarnya
ini maksudnya karena ada qarinah (tanda) yang tersembunyi.
Contoh firman Allah Ta’ala,
وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ
“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam
hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari,” (Qs. Al An’aam: 60)
Maksud kata “
جَرَحْتُمْ
” adalah arti yang jauh, yakni melakukan perbuatan dosa.
b.Thibaq, yaitu mengumpukan dua
arti yang berlawanan. Contoh firman Allah Ta’ala,
وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ
“Dan
kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur.” (Qs. Al Kahfi: 18)
يَسْتَخْفُونَ مِنَ النَّاسِ وَلَا يَسْتَخْفُونَ مِنَ اللَّهِ
“Mereka dapat bersembunyi dari manusia, namun
tidak dapat bersembunyi dari Allah.” (Qs. An
Nisaa’: 108)
c. Muqabalah, yaitu digunakan
dua kata atau lebih, lalu diimbangi dengan kata-kata berlawanan secara
berurutan. Contoh firman Allah Ta’ala:
فَلْيَضْحَكُوا قَلِيلًا وَلْيَبْكُوا كَثِيرًا
“Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan
menangis banyak.” (Qs. At Taubah: 82)
d. Istikhdam, yaitu menyebutkan
lafaz dengan suatu arti dan menyebutkan dhamirnya namun dengan arti yang lain.
Contoh firman Allah Ta’ala,
فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
“Barang siapa di antara kamu hadir (di negeri
tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (Qs. Al Baqarah: 185)
Yang dimaksud “الشَّهْرَ ” di sini adalah hilal (bulan sabit), namun yang dikehendaki
pada dhamir adalah waktu yang sudah maklum (satu bulan).
e. Uslubul Hakim, yaitu
menyampaikan kepada pendengar kalimat yang tidak diminta untuk mengingatkan
kepadanya hal yang lebih layak diketahui. Contoh firman Allah Ta’ala,
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَهِلَّةِ قُلْ هِيَ مَوَاقِيتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ
“Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit.
Katakanlah, “bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan bagi
ibadah haji.” (Qs. Al Baqarah: 186)
Dalam ayat ini diterangkan, bahwa para
sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tentang keadaan
bulan yang semula tampak kecil lalu tampak menjadi besar, dan akhirnya menjadi
kecil kembali. Hal ini adalah salah satu masalah dalam ilmu falak yang untuk
memahaminya diperlukan pengkajian detail dan serius. Oleh karena itu, Al Qur’an
memalingkan mereka dari masalah itu dengan menjelaskan bahwa bulan itu
merupakan tanda untuk mengetahui waktu bekerja dan beribadah. Hal ini merupakan
isyarat, bahwa sebaiknya mereka bertanya tentang faedah ini, juga menunjukkan
bahwa pembahasan dalam ilmu ada yang perlu ditunda sampai tiba saatnya nanti.
Contoh penghias lafaz adalah:
a. Jinas, yaitu dua lafaz yang
sama, namun berbeda dalam makna (arti). Jinas ini ada dua macam:
Pertama,
Jinas Tam, yaitu samanya lafaz namun berbeda makna. Contoh firman Allah Ta’ala,
وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا غَيْرَ سَاعَةٍ
كَذَلِكَ كَانُوا يُؤْفَكُونَ
“Dan pada hari terjadinya kiamat,
bersumpahlah orang-orang yang berdosa; "Mereka tidak berdiam (dalam kubur)
melainkan sesaat (saja)." Seperti itulah mereka selalu dipalingkan (dari
kebenaran).” (Qs. Ar Ruum: 55)
Lafaz “
السَّاعَة
” yang pertama maksudnya Kiamat, sedangkan yang kedua maksudnya waktu
yang sebentar.
Kedua, Jinas
Naqish yaitu adanya kesamaan namun tidak seluruhnya. Contoh firman Allah
Ta’ala,
فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ (9) وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ
(10)
“Sebab itu, terhadap anak yatim janganlah
kamu berlaku sewenang-wenang.--Dan terhadap orang yang minta-minta, janganlah
kamu menghardiknya.” (Qs. Adh Dhuha: 9-10)
Lafaz “
تَقْهَرْ
” dan “ تَنْهَرْ ” ada kesamaan namun
tidak seluruhnya.
b. Saja’, yaitu persesuaian
dua fashilah (pemisah) dalam natsar (prosa; bukan syair) pada
huruf akhirnya.
Ibnul Qayyim berkata, “Saja’ atau tidak
merupakan dua uslub yang dipakai oleh lisah para ahli sastra bangsa Arab dan
para oratornya, mereka menyebutkannya tanpa susah payah dan tanpa serampangan.
Dalam Al Qur’an ada ayat yang kosong dari saja’ dan ada ayat yang banyak
dipenuhi saja’, bahkan sebagian surat dari awal ayat hingga akhirnya dipenuhi
saja’ seperti ayat iqtarabatis saa’ah (surah Al Qamar), surah Adh Dhuha, dan Al
kautsar, maka fahamilah.”
Akan tetapi saja’ yang disebutkan Al Qur’an
tidak seperti saja para peramal atau lainnya, bahkan sebagai saja’ yang
mengandung mukjizat yang mengalahkan para sastrawan. Oleh karena itu, Al Qur’an
merupakan asas dimana kaidah-kaidah dalam ilmu Balaghah kembali kepadanya.
Contoh betapa tingginya sastra Al Qur’an
adalah firman Allah Ta’ala,
أَلَكُمُ الذَّكَرُ وَلَهُ الْأُنْثَى (21) تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيزَى (22)
“Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki
dan untuk Allah (anak) perempuan?--Yang demikian itu tentulah suatu pembagian
yang tidak adil.” (Qs. An Najm: 21-22)
c. Iqtibas, yaitu ketika suatu
kalimat mengutip ayat atau hadits.
Contoh:
يَوْمَ
يَأْتِي الْحِسَابُ مَا لِظَلُوْمٍ مِنْ حَمِيْمٍ وَلاَ شَفِيْعٍ يُطَاعُ
Pada hari datangnya hisab, maka orang zalim
tidak memiliki teman akrab dan pembela yang dapat diandalkan.
Lafaz “
مِنْ حَمِيمٍ وَلَا شَفِيعٍ يُطَاعُ
”
diambil dari surah Ghafir ayat 18.
Contoh yang dikutip dari hadits,
وَإِذَا مَا شِئْتَ عَيْشًا بَيْنَهُمْ
خَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنِ
Jika
engkau ingin tingga di tengah-tengah mereka, maka bergaullah dengan akhlak yang
mulia.
Lafaz “
خَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنِ ” diambil dari hadits riwayat Tirmidzi dari
Abu Dzar dan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu anhuma.
Wallahu a’lam wa shallallahu ‘alaa Nabiyyina
Muhammad wa ‘alaa alihi wa shahbihi wa sallam.
Marwan
bin Musa
Maraji’:
Maktabah Syamilah versi 3.45, Qawa’idul
Lughatil Arabiyyah (Hifni Bek Dayyab, dkk.), Hidayatul
Insan bitafsiril Qur’an (Penulis),
https://www.alukah.net/sharia/0/103195/ , https://mawdoo3.com/الأساليب_البلاغية_في_اللغة_العربية#. , http://www.3refe.com/vb/showthread.php?t=225470 , http://kertugas.blogspot.com/2018/01/majaz-aqli-dalam-ilmu-balagah-kata.html, l.
Dll.
0 komentar:
Posting Komentar